berita narkoba

Berita Nasional Narkoba

Kamis, 22 November 2012

Ka Balai TNTN Pelalawan, Kupin Simbolon "Empat Unit Colt Diesel Sarat Kayu Illog Ditangkap"


Pelalawan, bnn
Sebuah kasus pembalakan liar (Ilegal loging) dan perambahan hutan TNTN (Taman Nasional Tesso Nilo) berhasil dicegah petugas Balai TNTN Pelalawan Pangkalan Kerinci, hari Senin, 10 Sept 12.
Sejumlah empat unit Colt diesel bermuatan penuh kayu illog berhasil ditangkap petugas. "Namun supir dan pelaku perambah hutan TNTN tersebut berhasil kabur melarikan diri," ujar kepala TNTN, Kupin Simbolon, didampingi petugas Polhut, Iskandar, saat ditemui bnn akhir September silam.

Menurut Simbolon, kini pihaknya dan aparat hukum lainnya sudah melakukan penyelidikan dan pengejaran terhadap para pelaku Illog tersebut. "Percalah, kami tidak pandang bulu. Siapapun orangnya yang melakukan perambahan/ penebangan hutan TNTN, akan kami tindak tegas sesuai dengan hukum dan perundang undangan yang berlaku di NKRI. Karena  hutan TNTN wajib kita lestarikan dan dilindungi, bukan malah di gunduli/ditebangi," tutur Kepala balai TNTN, Kupin Simbolon.

Penangkapan kayu illog di keempat unit mobil tersebut, dilakukan oleh petugas di lokasi pada koridor 70 dan koridor 73 PT. RAPP. "Keempat mobil bermuatan puluhan kubik kayu tersebut langsung diamankan di kantor balai TNTN, Pangkalan Kerinci," kata Iskandar.

PetugasTNTN berharap, semua pihak aparat hukum bisa bekerja sama dan punya komitmen untuk penegakan hukum kepada para perambah hutan TNTN. Petugas  polhut di balai TNTN  hanya 12 orang. "Kami sudah mengusulkan kepada pemerintah pusat, yakni melalui Menteri Kehutanan agar petugas TNTN bisa berjumlah 30 orang. Kini dengan jumlah petugas 12 orang,  jelas kami tidak mampu untuk mengawasi hutan TNTN seluas 84 ribu Hetar ini," papar Kupin Simbolon.

Untuk itu, Simbolon berharap seluruh masyarakat Pangkalan Kerinci dan semua pihak terakit agar bersama sama ikut serta mengawasi hutan TNTN. "Mari kita saling terbuka, jika terindikasi ada perambah gelap bahkan bila ada petugas di balai TNTN ini ikut andil di dalamnya, atau ada petugas balai TNTN berkhianat, tolong segera dilaporkan. Jika ulah mereka terbukti, pasti akan kami tindak tegas," kata Simbolon.  (andus)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan meninggalkan pesan Anda.

Berita Nasional Narkoba