berita narkoba

Berita Nasional Narkoba

Jumat, 21 September 2012

Kapolresta: “Tahanan Polresta Tomohon Didominasi Anak-Anak"



Tomohon, bnn 
Meningkatnya angka kejahatan kriminalitas di Kota Tomohon kini jadi sorotan media. Namun, Kapolres Kota (Kapolresta) Tomohon, AKBP Marlin Tawas SH,MH, mengatakan kepada bnn hari Kamis, 20 Sept 12: "Jangan kaget kalau anda lihat para penghuni rumah tahan kami itu didominasi anak-anak di bawah umur yang terjaring akibat perbuatan mereka sangat meresahkan masyarakat."

Menurut Tawas, sebab akibat tertangkapnya para tahanan anak-anak di bawah umur itu karena mereka melakukan berbagai tindakan yang mengganggu ketertiban masyarakat seperti mabuk, berkelahi, dan bahkan belum lama ini seorang angota TNI yang bertugas di Koramil Tomohon  nyaris tewas ditikam oleh seorang anak yang masih berusia 17 tahun.

Anehnya papar Tawas, ketika digeledah tidak didapati bebatuan pada anak-anak tersebut seperti  yang diakui mereka ada ketika diinterogasi. Manurut pengakuan anak-anak itu, Kata Marlin Tawas, bebatuan yang mereka miliki itu diyakini dapat memberikan ilmu kebal yang bisa memberikan perlindungan kepada mereka. "Tak hanya itu, selain mengantongi bebatuan yang dianggap azimat tersebut, ada juga beberapa anak yang sudah melibatkan diri dengan mandi kebal. Mereka yakin dengan ritual mandi kebal itu mereka bisa mengalahkan musuh karena tubuh mereka kebal dari hantaman berbagai senjata," ungkap AKBP Marlin Tawas.

Keyakinan anak-anak itu terhadap azimat dan kekebalan tubuh mereka, menurut Marlin Tawas, menjadi penyebab utama perubahan sikap mental menjadi bringas dan brutal. "Akibatnya, silakan anda berkunjung dan lihat sendiri ke rumah tahanan Polresta Tomohon. Tahanan kami 88% adalah anak-anak di bawah umu! Kendati terlibat masalah hukum, namun tidak semua anak diproses ke meja hijau. Alasannya, kami lebih mempertimbangkan masa depan anak-anak itu,  kecuali anak-anak yang telah berulang kali melakukan tindakan kejahatan," tutur Marlin Tawas.

Karena itu, ada sejumlah anak yang berhasil dibina sehingga sekalipun mereka sempat terlibat tindak kejahatan, mereka tidak sampai diproses ke pengadilan. "Kami memberikan pertimbangan khusus bagi mereka, agar mereka dapat bertumbuh menjadi lebih baik di tengah-tengah masyarakat sebagai generasi penerus bangasa," tegas Kapolresta Tomohon, AKBP Marlin Tawas, SH, MH. (bw/ap)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan meninggalkan pesan Anda.

Berita Nasional Narkoba